menu

Selasa, 04 Mei 2010

Mitos Tidur




Tidur
Mitos: Jika saya tidak bisa tidur, saya bisa mengambil sesuatu di apotek. Saya tidak perlu meminta nasehat dokter.

Fakta: Sangat penting untuk membahas semua kondisi kesehatan Anda dengan dokter Anda, terutama jika Anda telah mengalami insomnia selama lebih dari sebulan. Obat tidur mungkin cocok, sungguh bijaksana untuk mendiskusikan pilihan pengobatan dengan dokter Anda sebelum berusaha sendiri. Obat OTC secara umum digunakan sebagai alat bantu tidur mungkin berisi bahan-bahan seperti antihistamin dan / atau penghilang rasa sakit yang tidak Anda butuhkan dan juga memiliki efek samping. Konsultasi dengan dokter Anda untuk menggunakan rencana perawatan diri termasuk mengubah gaya hidup dan kebiasaan tidur untuk mengatasi insomnia Anda atau masalah tidur dalam jangka panjang.

Mitos: Saya dapat meminum alkohol atau anggur untuk membantu tidur saya - akan membantu saya bisa tidur lebih cepat

Fakta: Obat tidur tidak boleh dicampurkan dengan alkohol atau obat lain. Obat tidur juga tidak boleh dimakan saat akan mengemudi atau mengoperasikan mesin, atau sebelum mandi atau shower, dan hal lainnya. Selalu mengikuti petunjuk dokter tentang cara menggunakan, kapan harus makan, dan memerlukan tidur berapa lama. 

Beberapa orang merasa bahwa alkohol dapat membantu tidur. Namun,ketika alkohol dapat menenangkan Anda dan membantu tidur, itu sebenarnya menyulitkan anda berapa kali Anda bangun di malam hari.
Mitos: Insomnia bukan penyakit yang serius dan tidak berbahaya. 
Fakta: Insomnia dapat menjadi penyakit serius ditandaidengan sulit tidur, kesulitan untuk tetap tidur (sering terbangun di malam hari dan mengalami kesulitan kembali tidur), terbangun terlalu pagi atau merasa lelah setelah bangun. Beberapa resiko dari insomnia adalah prestasi kerja menurun, depresi atau perubahan mood dan peningkatan risiko kecelakaan berkendaraan.

Mitos: Pria dan wanita tidak ada perbedaan dalam penderita insomnia. 

Fakta: Insomnia hampir dua kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan wanita lebih cenderung melaporkan insomnia kepada dokter mereka. Tidur wanita adalah unik sering dipengaruhi oleh siklus menstruasi, siklus biologis, tingkat stres, kesehatan, mood, status orangtua ,jam kerja dan tanggung jawab hidup lainnya. 
Mitos: Berolahraga sebelum tidur akan membuat saya lelah, dan mempercepat tidur. 


Fakta: Berolah raga dapat membantu untuk tidur yang baik ,terutama jika dilakukan secara teratur pada pagi atau sore hari dan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika anda tidak berolahraga secara teratur, maka “bisa tidur lelap” adalah salah satu alasan agar anda harus berolah raga.
Namun, para ahli tidur telah memperingatkan orang-orang untuk menghindari olahraga berat sebelum tidur dan bahkan tiga jam sebelum tidur. Karena olahraga mempunyai efek menyiagakan dan meningkatkan suhu tubuhAnda. Ini akan naik atau turun ke posisi normal lima sampai enam jam kemudian, selanjutnya membuat lebih mudah tidur. Jika Anda telah berolahraga menjelang tidur dan mengalami kecelakaan atau tetap tertidur, cobalah untuk mengatur olahraga lebih awal pada keesokan harinya.
Mitos: Menonton TV di kamar tidur dan bekerja dengan laptop dan browsing internet sebelum tidur membantu saya merasa lelah dan jatuh tertidur.
Fakta: Bekerja, menonton TV dan menggunakan komputer, baik yang dekat dengan waktu tidur dan terutama di kamar tidur, berpotensi menghambat tidur. Pertunjukkan kekerasan, laporan berita dan cerita dapat mengacaukan tidur. Kamar tidur harus digunakan hanya untuk tidur.
Mitos:Tidur tidak penting. Saya hanya memerlukan beberapa jam. 

Fakta: Tidur sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita, sama pentingnya dengan diet dan olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa semua mahkluk hidup memerlukan tidur. Tidur mengatur suasana hati dan berkaitan dengan pembelajaran dan fungsi memori. Tidak hanya tidur yang cukup membantu Anda mempelajari keterampilan baru, tetap  bekerja atau menjadi produktif, mungkin juga menjadi faktor penting dalam kesehatan, berat badan dan tingkat energi. 



Meskipun kebutuhan individu dapat berbeda-beda, orang dewasa biasanya membutuhkan antara 7 sampai 9 jam tidur per malam. Sulit kehilanganwaktu tidur karena setiap kali Anda tidak cukup tidur, Anda menambah utang tidur (akumulasi tidur yang hilang karena kebiasaan tidur yang buruk, penyakit, terbangun karena faktor lingkungan atau penyebab lain. ) Akibatnya utang tidur mungkin membuat Anda merasa mengantuk dan kurang waspada. 


Banyak orang mengikuti program latihan untuk tetap sehat.Penting untuk memiliki program tidur yang cerdas juga.
Tips Sukses untuk Tidur 
1. Menetapkan secara teratur waktu tidur dan bangun 
2. Hindari nikotindan kafein menjelang jam tidur 
3. Hindari alkohol 
4. Berolahraga secara teratur (tapi selesaikan olahraga minimal 3 jam sebelum tidur) 
5. Relaksasi  sebelum tidur 
6. Menciptakan lingkungan yang kondusif dengan tidur gelap, tenang dan nyaman 
7. Bila diperlukan, diskusikan cara yang tepat untuk menggunakan bantuan tidur dengan seorang dokter.
  

copy from : http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/11129-mitos-tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar